03 September 2020

Tahukah Kamu Fakta Menarik Koyo?

Tahukah Kamu Fakta Menarik Koyo?

Rutinitas sehari-hari yang semakin padat tentu membuat kita sering merasakan pegal, linu atau nyeri otot. Kalau sudah merasakannya pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Cara paling mudah untuk mengatasinya salah satunya adalah menggunakan koyo. Koyo atau istilah medisnya patch transdermal adalah jenis obat luar yang ditempelkan pada kulit pasien untuk menghilangkan pegal-pegal, nyeri otot, ataupun persendian pada tubuh. Koyo dibuat dari berbagai macam bahan kimia obat yang dirancang sedemikian rupa sehingga obat tersebut bisa meresap ke kulit.

Semua bahan didalam koyo ini dikombinasikan, maka akan memancarkan rasa panas serta mengirimkan sinyal ke tubuh untuk mengurangi rasa nyeri. Itulah sebabnya sampai saat ini koyo menjadi obat yang banyak digunakan masyarakat untuk menyembuhkan rasa nyeri ataupun pegal-pegal di badan, dibandingkan harus mengonsumsi obat oral yang nantinya memberikan efek samping.

Berikut fakta-fakta menarik koyo :
  1. Koyo bermanfaat meredakan nyeri otot yang bekerja secara langsung tepat sasaran karena koyo bekerja secara lokal ditempat menempelnya.
     
  2. Koyo aman bagi penderita asam lambung karena koyo bekerja penyerapan zat aktifnya melalui kulit dan tidak melalui lambung atau usus sehingga aman bagi mereka yang menderita asam lambung
     
  3. Koyo juga dapat meredakan sakit kepala, sakit gigi, memar dan pegal  

Lalu penasarankah kamu bagaimana cara kerja koyo memberikan manfaat yang luarbiasa tersebut? Berikut penjelasannya. Kulit manusia memiliki tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis dan hipodermis. Lapisan epidermis adalah lapisan kulit teratas pada kulit manusia. Tempat ini merupakan tempat menempelnya koyo. Lalu, Lapisan kedua kulit disebut dermis, yang terdiri dari dari pembuluh darah, folikel rambut, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat. Di lapisan kulit ini koyo mengirimkan obat ke lapisan terdalam.

Sedangkan lapisan kulit ketiga merupakan jaringan subkutan yang terdapat lapisan kulit lemak atau jaringan ikat yang terletak di bawah lapisan dermis yang mana merupakan tempat penyimpanan lemak dalam tubuh. Di dalam lapisan ini kandungan obat yang terkandung pada koyo diserap melalui pembuluh darah ke dalam aliran darah. Dari situ, darah membawa obat melalui sistem peredaran darah dan menyebarkan ke tubuh Anda.