01 Januari 2018

Glucosamine dan chondroitin untuk penderita osteoarthritis pada lutut : dengan metode uji klinis double-blind randomized dengan kontrol plasebo yang mengevaluasi rejimen tunggal dan kombinasi

Welmove
Tujuan

Untuk menentukan apakah suplemen makanan glukosamin dan/atau kondroitin, mengakibatkan pengurangan penyempitan ruang sendi (Joint space narrowing) dan rasa sakit osteoarthritis pada lutut.

Metode Penelitian

Sebuah uji double blind randomized placebo-controlled clinical dengan follow up 2 tahun. 605 peserta dengan umur 45-75 tahun dilaporkan mengalami nyeri lutut kronis dan dengan bukti penyempitan sendi. Secara acak diminum satu kali sehari glukosamin 1500 mg (n=152), kondroitin sulfat 800 mg (n=151), suplemen makanan (glukosamin dan kondroitin) (151) atau kapsul placebo (n=151). Selama 2 tahun diukur dari radiograf lutut digital. Nyeri lutut maksimum (0-10) yang dilaporkan sendiri (self-reported) selama 7 hari setiap 2 bulan selama 1 tahun.

Hasil Penelitian

Setelah menyesaikan faktor-faktor yang terkait dengan perkembangan penyakit (jenis kelamin, indeks massa tubuh, keparahan penyakit. Alokasi untuk kombinasi suplemen makanan (glukosamin dan kondroitin) menghasilkan penurunan penyimpitan ruang sendi yang signifikan

Kesimpulan

Dari Hasil menyatakan bahwa kondroitin dapat menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan perbaikan pada sendi. Glukosamin menunjukkan efek signifikan untuk memperbaiki kekakuan.